.................................................................................

Senin, 28 Desember 2009

Anak 6 bulan dititah

Tanya

Bu, anak saya saat ini usianya sudah masuk 6 bulan dan dia senangnya diberdirikan, nah kalau sudah berdiri begitu pastikakinya suka maju secara bergantian alias minta jalan, kira-kira boleh tidak yah, sebab banyak orang yang bilang, kalau dibiarkan jalan nantinya kurang bagus untuk pertumbuhan tulang kakinya, terima kasih

Jawab

Dulu anakku (2,6tahun) juga begitu, terus seringnya kalau aku tinggal di box bayinya, dia berdiri sendiri berpegangan dengan pinggiran box, 7bulan itu dia sudah bisa jalan mutar sendiri di box dengan jinjit-jinjit. Dan sepertinya dia menikmati sekali. Aku pikir waktu itu karena dia mau sendiri berarti kakinya sudah mampu untuk menyangga badannya, jadi ya aku biarkan saja. Bulan-bulan selanjutnya sering aku titah dan 10-11 bulan sudah lari-larian. Sampai sekarang kakinya baik-baik saja [In]

Kalau anaknya sudah berdiri dengan mantap, bisa diajari melangkah selangkah demi selangkah. Bila juga 6 bulan sudah bisa berdiri sendiri sambil berpegangan pada kursi ataupun tangannya di dinding, terus belajar jalan sambil pegangan di kursi mengitari kursi, 9 bulan sudah lancar jalannya. Dan tidak ada masalah dengan pertumbuhan tulang kakinya [Med]

Mbak, dulu anakku titah duluan, usia 8 bulan sudah senang dititah, usia 10 bulan baru bisa merangkak. Tapi benar-benar bisa jalan sendiri tanpa dipegangi usia 1 tahun 2 minggu. Itu saja sharingku [Ly]

Sebetulnya boleh saja kok, yang mau berdiri kan anaknya, berarti memang dia sudah kuat. Kalau anaknya belum siap, dipaksakan, nah itu yang membuat pertumbuhan tulang jadi kurang baik. Pokoknya perhatikan saja gerakan-gerakan si anak, jangan dipaksakan. Anakku yang pertama, umur 6 bulan juga sudah berdiri sendiri, dia tidak suka dititah, hanya rambatan (cruising) saja, pegangan crib, tembok, sofa, dan lain-lain. Umur 10 bulan, dia sudah lancar berjalan bebas! [Nq]

Kalau menurut aku, yang tidak boleh kalau kita memaksakan, padahal anaknya belum mau. Kalau anaknya sudah mau ya dibiarkan saja berarti dia sudah merasa sanggup untuk itu. Anakku usia 6bulan sudah belajar berdiri sendiri di box-nya, terus mulai merambat-rambat dan akhirnya di 10bln dia sudah bisa jalan [Rth]

Anakku (9bulan) dulu waktu 6 bulan sudah berdiri-berdiri sendiri di boxnya, terus 7 bulan aku coba titah habis dia kalau aku pegang tangannya langsung berdiri & mau jalan jadi aku pikir kakinya sudah kuat tapi aku sering dimarahi orang tua & tante-tante katanya belum boleh dititah jadi aku suka titah saja di rumah, hanya tidak lama-lama habis takut juga sama kata-kata orang tua, Terus waktu 8bulan dia mogok dititah, maunya merangkak soalnya kalau dititah anakku tidak bisa semaunya kemana-mana, jadinya dia mau merangkak sendiri kemana-mana mengobrak-abrik kamarnya, hihihihi lucu deh lihat bayi rasa ingin tahunya besar sekali. Sekarang anakku maunya berdiri & dititah (jalan), terus suka coba berdiri sendiri beberapa detik kemuadian jatuh duduk dan kalau aku tepuk tangan, anakku langsung coba berdiri lagi, senang dia aku tepuk tangan. Bu, aku mau tanya kalau habis dititah kira-kira berapa lama ya ke proses jalan sendirinya? Dulu adikku waktu bayi pas bisa jalan dia tidak bisa belok jadinya kalau mau belok dia harus nabrak tembok/sofa dulu baru bisa belok, lucu sekali lihatnya [Kris]

0 komentar:

Posting Komentar