.................................................................................

Jumat, 11 Desember 2009

Anak Tidak Mau Minum Susu

Tanya
Anakku (5 bulan 5 hari), udah 2 hari ini susah banget minum susunya (sekarang susunya Morinaga BMT). Biasanya sehari 3-4 botol 120 ml (kalau malam ASI). Sejak 4 bulan aku kasih makanan tambahan bubur susu nestle sehari 3 kali 3-4 sendok teh, kadang² aku kasih jeruk atau pisang. Tapi udah 2 hari ini ngak mau minum susu tapi kalau dikasih air putih dia mau. Kenapa ya moms ? Apa dia bosen sama susunya ? atau emang begini kalau dikasih makanan tambahan dia jadi berkurang minum susunya ? Tapi masa dia jadi ngak mau sama sekali ? aku liat dia juga ngak sakit soalnya dia ngak rewel (dia masih aktif seperti biasa). Sekarang dia sedang belajar merangkak apa mungkin krn ini sebabnya. tapi apa hubungannya ya dengan ngak mau minum susu). atau dia mau tumbuh gigi ? Aku rencana mau ganti susunya, tapi kan tanggung banget bulan depan dia udah 6 bulan susunya kan udah mau ganti juga. Kalau dia belum 6 bulan boleh ngak aku kasih susu yg 6 bulan ? Mungkin ada moms yg pernah ngalamin hal ini please sharingnya donk....Sorry ya moms' kalau topik ini pernah dibahas sebelumnya. (Su)

Jawab
Mbak, kalau pengalaman aku kayaknya bukan krn bosan susu deh, jadi klo ganti susu juga nggak ngefek. anakku waktu umur 5 bulan juga gitu, susah banget klo nyusu, padahal sebelumnya [dari bayi] dia lahap banget klo minum susu. waktu aku bawa ke DSA katanya memang umur segitu biasanya ogah makan ato minum susu. krn lagi pertumbuhan otak kata DSA. waktu aku ganti ke susu lain juga masih sama mbak, gak mau juga. tp dia nolak susunya cuma berlangsung 1 bulan jadi waktu masuk 6 bulan udah mulai normal lagi sedikit², skrg udh 7 1/2 bulan. kadang² masih suka nolak mungkin klo lagi gak mood, tapi gak dipaksa , klo gak mau ya udah. tapi nanti klo anakku udah 5 1/2 bulan kayaknya udah ngga masalah klo mo ganti susu yg 6 bulan ke atas, waktu itu DSA jg bilang ngga apa²; tp aku tetep tungguin sampe 6 bln baru aku ganti. (El)

Rasanya memang ada waktunya anak susah minum susu, susah makan etc. Anakku waktu umur 5,5 bulan juga susah banget minum susu, 60 cc aja bisa dalam 3 kali minum baru habis, kemungkinan karena susunya rasanya nggak enak (S 26 gold). lalu aku ganti enfapro trus lahap lagi. Mungkin bukan karena susunya tapi memang ada waktunya lagi malas nyusu. Kakaknya waktu usia 1,5 tahun pernah mogok makan 2 minggu. Sama sekali nggak mau makan apa-apa. enggak tau sebabnya. abis itu juga normal lagi. Jadi mbak jangan khawatir kalau anak mogok makan. (Vi)

Coba deh ganti dotnya, mungkin udah kekecilan. Biasanya gitu, kalo dotnya diganti yang ukuran lebih besar kan nyedotnya lebih gampang. (Mi)

Kalau mo coba ganti susu coba Vitalac 1 (nggak ada salahnya kita coba mungkin aja dia bosen) Anakku juga sebelumnya aku kasih Morinaga BMT, s/d usia 4 bln dia yg tadinya rakus dgn susu jadi agak berkurang setelah aku konsultasikan. DSAnya nyaranin coba dgn Vitalac 1 susu formula utk usia 0 - 9 bln. Mudah²an cocok ya. (Yo)

Thanks atas perhatiannya dan penjelasannya. Alhamdullilah, setelah aku ganti susunya jadi Enfamil A+ anakku mau minum susu lagi, walaupun kadang suka nolak juga cuma ngak seperti sebelumnya. (Su)

Sumber: ibu ibu DI


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Moms.. Anakku jg bgitu skrg.. Susah minum susu, umurnya br 4,5 bulan.. Yg bikin panik nya lg, anakku pup nya bs 3 tau 5hr sekali..  aku hrs gmn ya? Bingung bgt.. Anakku mulai susah minum susu emg br hr ini sih, tp knapa ya? Klo coba ganti susu pasti berhasil ya moms?

Poskan Komentar